tinta printertinta infusphoto paper
Kamis, 22 Agustus, 2019
   
Text Size

Pengumuman

Memaknai Bekerja Keras, Bekerja Cerdas

Oleh : Dessi Akhriani, SE

Widyaiswara Ahli Pertama

Abstrack

Bekerja merupakan salah satu bentuk aktifitas seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan bekerja seseorang akan memperoleh hasil (output) dari apa yang dikerjakannya. Begitu pula halnya dengan seorang ASN (Aparatur Sipil Negara). Sebagai abdi Negara seorang ASN harus melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan bekerja. Rutinitas kerja ini dilakukan selama 7,5 jam sehari selama 5 hari kerja. Hasil dari kerja yang dilakukan dikenal dengan istilah Kinerja atau prestasi kerja. Kinerja atau prestasi kerja dapat dikatakan sebagai hasil kerja yang dicapai seseorang, melalui seluruh kemampuan yang dimiliki guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Seorang ASN perlu bekerja keras untuk dapat mencapai kinerja yang baik/tinggi. Kerja keras yang dilakukan tidak asal kerja keras saja tetapi juga yang dilakukan secara cerdas. Cerdas disini berarti kerja keras yang dilakukan sesuai dengan apa yang ditetapkan, menggunakan usaha-usaha yang kreatif dan inovatif serta dilakukan secara efektif dan efisien. Tidak ada istilah energy/tenaga terbuang dengan percuma.

Kata Kunci : Bekerja Keras dan Bekerja Cerdas.

A. Pendahuluan

Manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja. Melalui kerja manusia akan mendapatkan hasil/output yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Aparatur Sipil Negara (ASN) pun melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai abdi Negara dengan bekerja. Bekerja dapat dilakukan secara mandiri ataupun bersama-sama dengan orang lain.

Sistem pemerintahan pun digerakkan oleh individu-individu yang terlibat di dalamnya dengan bekerja. Orang bekerja dapat diartikan sebagai orang yang melakukan aktifitas dengan melibatkan usaha mental ataupun fisik yang dilakukan untuk mencapai suatu hasil.

Kerja yang dilakukan untuk mencapai hasil ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh atau usaha keras. Usaha yang dilakukan dengan setengah-setengah tidak akan memberikan hasil yang maksimal atau sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

Selain kerja keras dalam melaksanakan suatu pekerjaan juga diperlukan upaya yang cerdas atau menggunakan akal fikiran dalam melakukannya. Kerja cerdas yang dimaksud disini dapat diartikan kerja yang dilakukan tidak semata-mata menggunakan kekuatan atau aktifitas fisik belaka tetapi juga dengan menggunakan pikiran, menggunakan ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat mempermudah dalam penyelesaiaan suatu pekerjaan.  Dengan kata lain pemanfaatan upaya-upaya yang dapat mempermudah dan memperlancar penyelesaian dari suatu pekerjaan.

Setiap ASN dituntut untuk dapat menunjukkan prestasi kerja dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya. Prestasi kerja atau kinerja akan dapat diraih jika kerja dilakukan dengan usaha keras dan sungguh-sungguh serta diselesaikan secraa cerdas. Kerja yang dilaksanakan tanpa perhitungan hanya akan menguras tenaga tetapi tidak memberikan hasil yang optimal sebagaimanan yang diharapkan.

B. Memaknai Bekerja Keras, Bekerja Cerdas

1. Bekerja Keras

Kerja diartikan sebagai kegiatan melakukan sesuatu; yang dilakukan / diperbuat (KBBI online )

Kerja keras adalah perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam

mengatasi berbagai hambatan guna menyelesaikan tugas / pekerjaan dengan sebaik-baiknya (Mustari, 2011: 51). Sedangkan menurut Kesuma, dkk (2011: 17) menyatakan bahwa kerja keras adalah suatu istilah yang melingkupi suatu upaya yang terus dilakukan (tidak pernah menyerah) dalam menyelesaikan pekerjaan/ yang menjadi tugasnya sampai tuntas. Akan tetapi kerja keras bukan berarti bekerja sampai tuntas lalu berhenti, yang dimaksud adalah mengarah pada visi besar yang harus dicapai untuk kebaikan/ kemaslahatan manusia dan lingkungannya

Jadi dapat dikatakan kerja keras sebagai bekerja dengan sungguh-sungguh, dengan sekuat tenaga dan daya upaya, dengan penuh semangat, dan pantang menyerah, guna mencapai hasil terbaik, fokus pada pekerjaan, hingga tak ada waktu dan energi lagi untuk melakukan kegiatan yang lain. Biasanya kerja keras ini mengandalkan aktifitas otot atau fisik. Akan tetapi kerja keras tidak pula bermakna berkerja mati-matian, kurang istirahat dan tidak ingat waktu.
Kerja keras secara istilah mempunyai makna semangat yang berkobar, memiliki kemauan dan kemampuan, dilakukan secara sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kerja keras memiliki manfaat antara lain :

1. dapat membantu mengembangkan potensi diri

2. dapat membentuk pribadi yang bertanggung jawab

3. dapat mengangkat harkat dan martabat

4. mampu meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan

5. dapat mencukupi kebutuhan hidup

Seorang pekerja keras tidak mudah berputus asa jika mengalami kendala dalam menyelesaikan sesuatu. Ia akan selalu mencoba upaya-upaya yang dapat memperbaiki kualitas kerjanya. Ia akan tetap bersemangat dalam kondisi apapun.

2. Bekerja Cerdas

Cerdas diartikan sebagai sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dan sebagainya) (KBBI online)

Kerja Cerdas adalah kerja yang tidak hanya mengandalkan otot, namun juga menggunakan otak, bisa berpikir kreatif dan inovatif, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan waktu yang efektif, sehingga masih memiliki waktu dan energi untuk melakukan kegiatan atau pekerjaan yang lainnya.

Bekerja cerdas juga pandai melihat peluang, memperhitungkan risiko dan mampu mencari solusi dalam penyelesaiannya.

Bekerja cerdas dapat menentukan prioritas kerja dan mengalokasikan waktu yang sesuai sehingga pekerjaan dapat dilaksankan sesuai dengan yang direncanakan.

Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam menentukan prioritas penyelesaian suatu pekerjaan  (Desmon G: 2016:91) antara lain :

- Kepentingan (Importance)

Seberapa penting hasil dari kerja yang dilakukan untuk organisasi.

- Kontribusi (Contribution)

Seberapa besar kerja yang dilakukan mempengaruhi kelancaran dari aktifitas kerja yang lain.

- Pemahaman (Understanding)

Pemahaman atas penyelesaian dari suatu pekerjaan. Pekerjaan yang telah dipahami dengan baik akan lebih mudah diselesaikan terlebih dahulu.

- Kemudahan (Ease)

Memprioritaskan pekerjaan yang mudah diselesaikan akan memberikan waktu yang lebih untuk pekerjaan yang lainnya.

Bekerja cerdas dilakukan untuk memudahkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan bekerja cerdas (Desmon G. 2016:97) :

- Kondisi untuk bekerja cerdas dalam dunia kerja berada di bawah kendali individu/pekerja

- Bekerja cerdas mengharuskan individu/pekerja berfikir ulang  mengenai bagaimana melakukan suatu pekerjaan

- Bekerja cerdas mengharuskan individu/pekerja  berfikir dan merenungkan apa yang dilakukan sebelum melakukannya

- Bekerja cerdas mengelola akal dan energi individu/pekerja untuk mengerjakan pekerjaan dengan cara yang tepat

- Bekerja cerdas memerlukan individu/pekerja mengetahui dengan sejelas-jelasnya tentang apa yang ingin dituju dan arah yang akan ditempuh untuk memenuhi tujuan tersebut

- Bekerja cerdas mengharuskan individu/pekerja untuk senantiasa mempelajari hal-hal baru dan memanfaatkan ide-idenya secara praktis untuk perbaikan maupun peningkatan performa kerja.

Dari uraian di atas, selaku ASN khususnya yang berada di bawah Kementrian Agama, kita harus mampu mewujudkan nilai dari bekerja keras dan bekerja cerdas dalam menuntaskan seluruh tanggung jawab yang dibebankan kepada kita selaku pelayan masyarakat. Bekerja keras dan bekerja cerdas dalam mencapai preastasi kerja yang gemilang. Hendaknya kita bisa mewujudkan istilah ” Work Smarter, Not Harder” ( Gunawan G.2016:90).

C. Kesimpulan

Bekerja merupakan salah satu cara manusia memenuhi kebutuhan hidupnya. Bekerja juga merupakan cara seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) menunaikan kewajibannya sebagai aparatur Negara. Seorang ASN dituntut untuk dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya sebaik mungkin guna meraih prestasi kerja/ kinerja yang tinggi/baik.

Prestasi kerja dapat diraih dengan bekerja keras. Bekerja keras yang dimaksud adalah bekerja dengan sungguh-sungguh, dengan sekuat tenaga dan daya upaya, dengan penuh semangat, dan pantang menyerah, guna mencapai hasil terbaik, fokus pada pekerjaan, hingga tak ada waktu dan energi yang terbuang percuma. Bekerja keras juga bermakna tidak mudah menyerah dan berputus asa, selalu berusaha mencari upaya-upaya untuk mengatasi segala kendala yang ada.

Disamping kerja keras, seorang ASN juga perlu bekerja dengan cerdas. Kerja cerdas memiliki makna bekerja tidak hanya mengandalkan aktifitas fisik atau otot semata tetapi juga menggunakan pemikiran-pemikiran yang kreatif dan inovatif yang digunakan untuk mempermudah atau memperlancar penyelesaian suatu pekerjaan.

Selaku ASN Kementerian Agama kita harus mampu menerapkan prinsip bekerja keras dan bekerja cerdas dalam upaya mencapai kinerja yang terbaik (kesuksesan). Hendaknya kita bisa mewujudkan istilah ” Work Smarter, Not Harder” dalam perjalanan karir kita sebagai ASN Kementerian Agama.

Daftar Bacaan

Desmon Ginting. 2016. Etos Kerja Panduan Menjadi Karyawan Cerdas. Jakarta :

Pt. Alex Media Komputindo

Insan Nurrohiem. 2016. Jangan Sampai Menyerah. Yogyakarta. Laksana

Taufik, dkk. 2013. Kerja, Kerja, Kerja. Jakarta. Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Rimsky K. Judisseno. 2008. Jadilah Pribadi yang Kompeten di Tempat Kerja. Jakarta. Pt. Gramedia Pustaka Utama

KBBI online

https://pendaftaran-cpns.blogspot.co.id/2014/09/apa-itu-kerja-keras-kerja-cerdas- kerja.html diakses pada Selasa 15 November 2019.

http://eprints.ums.ac.id/28316/9/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf diakses pada Jumat 02 Desember 2016.

it konsultanit supportjasa pembuatan aplikasi dan server jual beli motor motor bekasjual motor bekas sarang semut papuateh sarang semutrumput kebar ecotrubakteri dan enzimenvironmental consultant indonesia sewa mobil murah jakartarental mobil harianrent car free download moviedownload filmsubtitle indonesia jual beli mobil bekassitus jual beli mobilmobil bekas pakar seo indonesia narasumber seminarmaster seo berita bantenrakyat bantenpendekar banten okezonejual mobil bekastoko online gratis komunitas itstaff executive komunitas hacker serang kotaserangpemerintah serang terpupuskansejarah pahlawansejarah tangerang jasa seojasa seo berkualitasjasa backlink sewa mobil murah jakartarental mobil harianrent car jasa mobiejasa mobilejasa jablay tangseltangerang selatantangerang ku bangdjocerita dewasafoto abg bugil tampilan bagusabg labilbuka kerudung
serang kota terpupuskan jasa seo sewa mobil murah jakarta jasa mobie tangsel tampilan bagus belajar seo seo murah dota 2 indonesia ternak lele google bot Data Maya dealer motor bekas prabotan rumah kicau burung verza indonesia community digital telekomunikasi dihina telekomunikasi wajar aja pantai sawarna pantai anyer liburan ke pantai seo jakarta terpusatkan appacer orang sunda xone shop indonesia perabotan rumah resep makanan distributor tas rangsel pantai tanjung lesung jual tinta printer kota rambah emping banten jual rumah info loker kali gua