Plt. Sesban Arskal Salim Harap PPMB Tak Hanya Bersifat Monolog
  • Fitria Fitria
  • 20 Maret 2023
  • 138x Dilihat
  • Berita

Plt. Sesban Arskal Salim Harap PPMB Tak Hanya Bersifat Monolog

Bukittinggi - Plt. Sesban Litbang dan Diklat Kemenag RI Prof. M. Arskal Salim. GP resmi membuka kegiatan Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama (PMB) yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang pada Minggu (19/3/23).

Dalam sambutannya ia menyebutkan, PMB ini merupakan kewajiban bagi ASN Kemenag termasuk bagi pegawai BDK Padang selaku pengawas dan penyelenggara pelatihan. Kedepan ia berharap agar kegiatan PMB tidak hanya bersifat monolog.

“Setiap kegiatan PMB hendaknya tidak hanya bersifat monolog, melainkan adanya interaksi dan diskusi antara peserta dan fasilitator serta didalam mengangkat isu yang relevan keadaan dari relialitas sehari-hari,”ujarnya melalui zoom meeting. 

Sebagai tindak lanjut, Sesban juga mengungkapnya akan melakukan tes CAT PMB secara berkala untuk menjadi acuan penilaian pegawai lingkungan Kemenag.

“Dari hasil CAT tersebut dapat dinilai apakah pegawai sudah moderat atau justru perlu penguatan seperti melalui pelatihan.”

Orientasi PMB tersebut berlangsung pada tanggal 19-21 Maret 2023 di Hotel Rocky, Bukittinggi, Sumatera Barat. Bukan hanya diikuti oleh pegawai BDK Padang dan Plt. Kepala BDK Padang H. Aprianto, S.Ag., M.A., terlibat pula ASN Kemenag Bukittingi dan guru agama Pemerintah Kota Bukittinggi dalam kegiatan tersebut. 

Adapun fasilitator didalam acara ini berasal dari Rumah Moderasi UIN Imam Bonjol serta Narasumber meliputi Plt. Sesban Balitbang dan Dikat dan Rektor UIN Bukittingi Dr. Ridha Ahida, M. Hum.