Rancangan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi Pegawai Negeri Sipil

Rancangan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi Pegawai Negeri Sipil

Untuk dapat menghasilkan PNS profesional yang berkarakter, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur pelatihan. Pelatihan yang diterapkan sekarang ini adalah penyelenggaraan Pelatihan yang memadukan pembelajaran klasikal dan nonklasikal di tempat Pelatihan dan di tempat kerja, sehingga memungkinkan peserta mampu menginternalisasi, menerapkan, dan mengaktulisasikan, serta membuatnya menjadi kebiasaan (habituasi), dan merasakan manfaatnya, sehingga terpatri dalam dirinya sebagai karakter PNS yang profesional sesuai bidang tugas.

Dalam proses habituasi ini core issue yang diangkat yaitunya mengenai optimalisasi nilai- nilai karakter peserta didik dengan menggunakan buku kejujuran. Walaupun penanaman nilai-nilai karakter ini sudah lama diterapkan di Madrasah namun masih ada beberapa peserta didik yang belum sepenuhnya menerapkan nilai- nilai karakter yang sesuai dengan apa yang diharapkan Madrasah . Dengan adanya optimalisasi nilai-nilai karakter ini diharapkan bisa melahirkan generasi yang cerdas, mandiri dan berakhlakul karimah.

Pendidikan karakter perlu ditanamkan kepada peserta didik semenjak dini, sehingga peserta didik/ anak dapat memahami, memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai etika atau budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi manusia yang lebih baik. Hal ini juga harus diimbangi dengan pembiasaan yang baik yang dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang dan konsisten. Penanaman dan pembiasaan nilai-nilai karakter ini diharapkan memberikan dampak yang nyata terhadap perubahan perilaku peserta didik.

 

Setelah melaksanakan kegiatan aktualisasi ini penulis memiliki beberapa saran yaitu:

  1. Untuk kesempurnaan dan tercapainya tujuan dari aktualisasi ini penulis memerlukan adanya dukungan yang positif dari berbagai pihak serta adanya optimalisasi nilai-nilai karakter peserta didik dengan menggunakan buku kejujuran.
  2. Masing- masing ASN khususnya guru selalu menerapkan nilai-nilai ANEKA dalam melaksanakan tugasnya.
  3. Selain itu penulis juga mengharapkan kritik dan saran mengenai dan pembahasan laporan aktualisasi yang sudah dilaksanakan.