Optimalkan SPBE, Balitbang Diklat Kemenag Dorong Penggunaan Srikandi
  • Fitria Fitria
  • 4 Juli 2023
  • 77x Dilihat
  • Berita

Optimalkan SPBE, Balitbang Diklat Kemenag Dorong Penggunaan Srikandi

Palembang – Memasuki era digital berbagai instansi pemerintah semakin gencar menyampaikan program tranformasi digital atau penyelenggaraan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) dalam setiap kegiatan kedinasannya. Salah satunya diwujudnya melalui aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau dikenal dengan SRIKANDI.

Begitu pula yang disampaikan oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Prof. Dr. Suyitno, M.Ag. dirinya menyebutkan transformasi digital merupakan hal yang tidak bisa terelakan. Semua perkerjaan sudah harus berbasis digital termasuk kegiatan kearsipan.

“Saat ini instansi Kementerian Agama belum masuk standar yang diharapkan nasional dalam melakukan SPBE, padahal kini kita memasuki era paperless society,” ungkapnya saat memberikan arahan dalam kegiatan Sosialisasi Aplikasi Srikandi Bagi Eselon I, II, III, dan IV pada Minggu (2/7/23) di Palembang.

Kaban Suyitno juga menyebutkan bahwa pelayanan berbasis elektronik telah diatur dalam PERPRES Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Selain itu, terdapat pula pada Keputusan Menpan Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis.

Senada dengan hal tersebut, Plt. Sekretaris Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag mengatakan bahwa aplikasi SRIKANDI bertalian dengan SPBE maka pihaknya menyelenggarakan sosilisasi ini sebagai lanjutan pada kegiatan serupa yang berlangsung di Kota Bogor.

“Pada hari ini kita hadirkan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) sebagai narasumber untuk memberikan bimbingan teknis pengoperasian aplikasi tersebut,”ujarnya saat memberikan laporan kegiatan.

Pada Kegiatan yang diselenggarakan Bagian Umum dan Perpustakaan Sekretariat Balitbang Diklat di Palembang tersebut turut dihadiri oleh Kepala Puslitbang, Kepala Pusdiklat, Kepala Balai Litbang Agama, Kepala Balai Diklat Keagamaan, Kepala Loka Diklat, pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Badan Litbang dan Diklat.

Mewakili Balai Diklat Keagamaan Padang pada acara diantaranya, Kepala Drs. H. Risani, MH., Kepala Subbag Tata Usaha H. Aprianto, S.Ag., M.A., dan dua staff pimpinan Fitria, S.Sos, dan Agus Gunawan, A.Md.