Kaban Suyitno : Beragama Itu Harus Fanatik!
  • Fitria Fitria
  • 21 Juni 2023
  • 209x Dilihat
  • Berita

Kaban Suyitno : Beragama Itu Harus Fanatik!

Padang - Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Prof. Dr. Suyitno, M.Ag (Kaban Suyitno) menyebutkan setiap umat beragama harus fanatik atau dalam artian bersungguh-sungguh dan penuh keyakinan dalam menjalankan agamanya masing-masing. 

“Amalkan agama kita sebaik-baiknya, sekomplit-komplitnya dan sefanatik-fanatiknya,”tegasnya pada Selasa (20/3/23) malam di Aula M. Natsir Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang.

Namun, harus dengan penuh keyakinan juga memberikan toleransi kepada orang lain untuk menjalankan praktek peribadatan sesuai agama yang dianut orang tersebut tanpa mengusiknya.

“Bagi saya, agama saya yang paling benar. Dan Moderasi beragama itu memang menekankan agar kita tidak gamang dalam beragama,”lanjutnya saat menyampaikan ceramah dihadapan 90 peserta pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Angkatan XII, XIII, dan XIV.

Hal tersebut secara jelas dimuat pada Qur’an Surat Al-Kafirun ayat enam yang artinya untukmu agamamu dan untukku agamaku.

Melalui pedoman itu Kaban Suyitno mejelaskan beberapa poin yang perlu digaris bawahi dalam memahami moderasi bergama.

“Tak ada masalah pada agama, tapi yang bermasalah adalah oknum penganut agamanya itu yang perlu dimoderasi, agar kita tidak menghakimi surga neraka setiap orang.”

Kaban Suyitno juga mengungkapan bahwa dari zaman dahulu Nabi telah mengatakan bahwa khilafiyah atau perbedaan pendapat atau pandangan adalah sebuah kerahmatan. 

“Sehingga sebagai manusia, tak ada yang berhak untuk menghakimi agama apapun melainkan seharusnya menjaga agama dengan bijaksana,”lanjutnya.

Didampingi oleh Kepala BDK Padang Drs. H. Risani, MH. Sekaligus sebagai moderator, Kaban Suyitno juga memberikan kesempatan pada peserta pelatihan yang berasal dari Kementerian Agama wilayah Sumatera Barat dan Jambi tersebut untuk menyampaikan pendapat.

Selain antusias peserta, turut hadir pula Kepala Subbagian Tata Usaha H. Aprianto. S.Ag., M.A. beserta para panitia pelaksana kegiatan.