BDK Padang Laksanakan Program Prioritas Kemenag Melalui Berbagai Pelatihan
  • 4 April 2022
  • 354x Dilihat
  • Berita

BDK Padang Laksanakan Program Prioritas Kemenag Melalui Berbagai Pelatihan

BDK Padang – Kasubbag Tata Usaha (TU) Aprianto, S.Ag, MA mewakili Kepala Balai Diklat Pelatihan Keagamaan (BDK) Padang membuka acara Pelatihan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah, Pelatihan Teknis Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Pelatihan Kewirausahaan Pondok Pesantren dan Pelatihan TIK Pondok Pesantren Angkatan III.

Dalam sambutannya Aprianto mengungkapkan, bahwa pihaknya melaksanakan berbagai program prioritas dari Kementrian Agama RI yang meliputi penguatan moderasi beragama, penetapan tahun toleransi, religiousity index, transformasi digital, kemandirian pondok pesantrean, revitalisasi KUA (Kantor Urusan Agama), dan Cyber Islamic University.

“Maka BDK Padang khususnya, berperan untuk turut melakukan penguatan moderasi agama,”ungkapnya, Senin (4/4/2022).

Sebagaimana amanah dari Peraturan Menteri Agama No. 58 tahun 2017 disebutkan bahwa kepala madrasah perlu mengikuti pelatihan penguatan kompetensi yang meliputi 71 jam pelatihan selama tujuh hari. 

Selanjutnya, pelatihan LAKIP diharapkan mampu membantu pegawai dalam melakukan kegiatan pelaporan.

Begitu pula pelatihan yang diberikan kepada pondok pesantren, ia menegaskan saat ini BDK Padang berupaya menterjemahkan program dari Kementrian Agama serta akan menjadikan kegiatan ini sebagai langkah untuk menyukseskan kemandirian pondok pesantren.

“Akan diadakan pula pelatihan perkoperasian pondok hingga pelatihan manajemen pondok pesantren.”

Pelatihan yang akan berlangsung selama enam hari terhitung dari Senin hingga Sabtu mendatang (4-10 April) diikuti oleh guru, pengelola pondok pesantren, PNS dan jabatan fungsional umum di Lingkungan Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat dan Jambi.

Meskipun kegiatan berlangsung di Bulan Ramadhan aktivitas pelatihan tetap berjalan seperti biasanya, namun waktu istirahat hanya berlangsung selama 30 menit sehingga dapat usai pukul 17.30.