Kepala BDK Padang: Moderasi Beragama itu Damai Dunia Akhirat
  • 30 Mei 2022
  • 206x Dilihat
  • Berita

Kepala BDK Padang: Moderasi Beragama itu Damai Dunia Akhirat

BDK Padang - Pekan ini Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang secara fokus menyelenggarakan Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama untuk angkatan tiga dan empat.

Pada kesempatan tersebut Kepala BDK Padang Drs. H. Khoirul Amani, M.A kembali membuka acara dan menyampaikan ceramah di hadapan para peserta, Senin (30/5/2022).

Beliau menyebutkan terdapat beberapa hal yang dinilai sensitif atau dapat memicu ketersinggungan oleh orang lain diantaranya, keuangan, politik, gender, serta terkait keyakinan dan agama.

“Saat ini saja politik bersifat terbuka, jika dahulu perbedaan politik itu dapat menimbulkan ketersinggungan,”katanya.

Begitupula dengan agama, hal ini menjadi salah satu hal yang begitu sensitif jika menjadi bahan perbincangan. Maka dari itu peran Kementerian Agama (Kemenag) menengahi permasalahan keagamaan dalam bingkai moderasi beragama.

“Orang-orang di Kemenag fungsinya bukan hanya tukang pimpin doa tetapi memfasilitasi setiap agama di Indonesia agar dapat menjalankan ibadahnya sesuai kenyakinan dengan damai,”jelasnya.

Khoirul Amani menambahkan, bersumber dari buku yang ia baca yang dikatakan moderasi beragama ialah damai dunia dan akhirat.

“Ada sembilan kata kunci dalam moderasi beragama itu sendiri yaitu, Unsur Manusianya, unsur kemaslahatan umum, adil , berimbang, taat konstitusi, komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan penghormatan tradisi.”

Dalam Pelatihan yang berlangsung pada 30 Mei hingga 4 Juni mendatang terdapat penceramah yang akan ikut mengisi acara mulai dari Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat, Rektor IAIN Batusangkar, Rektor UIN Imam Bonjol hingga Widyaiswara BDK Padang.