Kepala BDK Padang Hadiri Pelepasan Jemaah Haji Kloter 1 Sumatera Barat
  • Fitria Fitria
  • 5 Juni 2023
  • 73x Dilihat
  • Berita

Kepala BDK Padang Hadiri Pelepasan Jemaah Haji Kloter 1 Sumatera Barat

Padang – Sebanyak 6.329 Jemaah akan diberangkatkan dari UPT. Asrama Haji Embarkasi Padang untuk menunaikan ibadah haji tahun 1444 H/ 2023 M. Pelepasan Jemaah kloter pertama berlangsung tadi malam pada Senin (4/6/23).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepada BDK Padang Drs. H. Risani. M.H. yang dalam kesempatan ini pula menjadi panitia pengawas pelaksanaan Haji di UPT. Embarkasi Padang.

Pada pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini, Kementerian Agama mengusung tagline “Haji Berkeadilan dan Ramah Lansia” dimana dalam melakukan pelayanan harus diperhatikan berbagai layanan untuk jemaah lansia namun tidak mengabaikan jemaah haji lainnya.

Dalam Laporan Kanwil Kementerian Agama Sumbar Dr. H. Helmi, M.Ag. menyebutkan bahwa akan ada peneraoan Stop Services untuk meningkatkan pelayanan bagi jemaah haji yaitu semua jenis layanan dilaksanakan dalam satu gedung penerimaan jemaah.

“Jemaah Haji Embarkasi Padang diterbangkan dalam 17 kloter. Satu Kloter terdiri dari 388 jemaah haji dan lima orang petugas,”ungkapnya.

Disebutkan Helmi, yang termasuk pelayanan One Stop Services ialah Menyerahkan tas bagasi dan kabin kepada petugas PPIH, Pemberian label pada tas kabin, Pemeriksaan akhir kesehatan Jemaah Haji, Menyerahkan SPMA dan Bukti Lunas BPIH, Penyerahan kartu kokarde dan kartu makan serta kartu Penempatan kamar.

“Selanjutnya penyerahan gelang identitas, Penyerahan paspor, visa, boarding pass, dan lembar Tanda Terima Living Cost dan Penyerahan living cost,”jelasnya.