Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Hadiri Pembukaan Pelatihan di BDK Padang
  • 11 April 2022
  • 246x Dilihat
  • Berita

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Hadiri Pembukaan Pelatihan di BDK Padang

BDK Padang - Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Dr. H. Helmi, MA berkesempatan untuk menghadiri dan membuka pelatihan yang berlangsung di Aula Balai Diklat Keagamaan Padang, Senin (11/4/22).

Pelatihan yang dimaksud merupakan Pelatihan penggerak penguatan moderasi beragama angkatan 1, Pelatihan penggerak penguatan moderasi beragama angkatan 2, Pelatihan supervisi pengawas Angkatan 1, dan Pelatihan perkoperasian pondok pesantren angkatan 1.

Dalam sambutannya, Helmi menguraikan betapa pentingnya pelatihan-pelatihan yang diselenggerakan bagi pesertanya. Terutama dalam penggerak penguatan moderasi beragama yang memiliki empat Indikator moderasi beragama yaitu: Komitmen kebangsaan, anti kekerasan, prinsip toleransi, dan menghargai kearifan lokal.

“Moderasi beragama ini merupakan respon kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap permasalahan yang dihadapi umat, 10-15 tahun terakhir terlihat gejala atau persoalan tentang pemahaman agama,”jelasnya.

Setelah didalami dapat disimpulkan bahwa persoalan tersebut terjadi akibat adanya perbedaan dalam memahami agama. Ada yang cenderung tekstual dan ada pula yang memahami agama secara liberal.

“Kedepannya, Moderasi beragama juga akan digerakan pada instansi lain dan tak hanya berlaku bagi agama islam saja tapi semua masyarakat Indonesia.”

Pelatihan bagi Supervisi Pengawas pun tak kalah penting. Menurut Helmi saat ini ASN harus semakin profesional dalam menjalakan tupoksi.

“Jangan sampai orang yang bukan dibidangnya menduduki jabatan yang tidak sesuai,”sambungnya.

Sementara itu, dalam lingkungan pesantren dirinya menekankan untuk mewujudkan penguatan ekonomi pesantren sehingga tercipta kemandirian pesantren.

Sesuai agenda kegiatan, pelatihan akan berlangsung pada tanggal 11-16 april 2022 dengan pemantik materi yang profesional dibidangnya. Diantaranya mantan Menteri Agama RI 2014 Lukman Hakin Saifuddin dan Rektor UIN Imam Bonjol Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd.