Peningkatan Pengetahuan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Pohon Ilmu  Siswa MTsN 1 Kota Padang

Peningkatan Pengetahuan Kosakata Bahasa Indonesia Melalui Pohon Ilmu Siswa MTsN 1 Kota Padang

 

Menciptakan ASN yang berkualitas dimulai dari tahap paling awal yaitu rekruitmen. Setelah melalui tahap rekruitmen yang baik maka akan tersaringlah individu-individu yang berpotensi secara akademik dan berkarakter. Namun, berdasarkan fakta lapangan yang ditemui masih banyak ASN yang tidak menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan UU yang berlaku. Pelayanan publik yang tidak terlaksana dengan baik menimbulkan stigma negatif di mata masyarakat.  Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan dasar untuk lulusan sehingga memberikan pengetahuan  tentang tugas dan fungsi yang diembannya

Kegiatan dalam aktualisasi ini mengangkat isu tentang peningkatan pengetahuan kosa kata bahasa indonesia melalui pohon ilmu siswa mtsn 1 Kota Padang. hal tersebut dianggap penting karena kurangnya kemampuan siswa dalam mengingat kosakata penting dan menjadi sesuatu yang membosankan bagi siswa.  melalui pohon ilmu siswa diharapkan mampu mengingat kosakata penting dengan cara menyenangkan. Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan dalam mewujudkan hal tersebut sebagai berikut ini. Pertama, melakukan konsultasi tentang pembuatan pohon ilmu bersama mentor. Kedua, membuat pohon ilmu. Ketiga, sosialisasi cara kerja pohon ilmu kepada siswa. Keempat, siswa menggunakan pohon ilmu. Kelima, penilaian kemampuan siswa. Keenam, evaluasi penggunaan pohon ilmu.

Beberapa saran yang diperoleh berdasarkan hasil aktualisasi yang telah dilakukan. Pertama, Hasil aktualisasi ini dapat diperbanyak untuk keperluan mengajar bahasa indonesia di lingkungan MTsN 1 Kota Padang. Kedua, Laporan hasil aktualisasi ini dapat dijadikan sebagai artikel/publikasi ilmiah yang dapat dibaca oleh khalayak ramai. Ketiga, Hasil aktualisasi ini dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk pembelajaran bahasa Indonesia, tetapi juga dapat untuk pembelajaran lainnya. keempat, Hasil aktualisasi berupa vidio dapat diunggah dalam internet untuk penyebaran yang lebih aksesebel.