Kementerian Agama Hadir untuk Pastikan Agama dan Umat Beragama Terfasilitasi
  • 8 April 2022
  • 272x Dilihat
  • Berita

Kementerian Agama Hadir untuk Pastikan Agama dan Umat Beragama Terfasilitasi

BDK Padang – Plt. Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI Prof. Dr. Abu Rokhmad, M.Ag mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat memperhatikan umat beragama. Maka dari itu, dibentuklah lembaga khusus untuk memastikan agama dan umat beragama mendapat fasilitas dari negara yang sampai saat ini disebut dengan Kementerian Agama.

Dalam penyampaian materi mengenai moderasi beragama dan pembangunan nasional via zoom meeting pada Kamis (7/4/2022) ia menjelaskan bahwa Indonesia bukanlah negara sekuler atau pun negara teokrasi.

“Tetapi Indonesia adalah negara pancasila yang membangun dan memfasilitasi umat beragama. Bahkan di masyarakat sudah menganut berbagai agama sehingga bukan pilihan yang tepat menjadikan negara teokratis,”ujarnya.

Selaras dengan UUD 1945 dan Pancasila yang telah dirancang oleh pendiri bangsa dengan isi yang tidak mengabaikan nuansa ketuhanannya.

Dengan demikian, Abu Rokhmad menekankan bahwa bangsa harus mempunyai pemahaman keberagaman untuk mencapai masyarakat yang sejahtera.

“Kita jangan menjadikan keberagaman menjadi faktor disintegrasi karena Allah SWT memang menciptakan kita berbeda-beda agar kita ber-Fastabiqul Khairat,  justru hal itu dapat menjadi peluang, kekuatan, dan modal sosial agar masyarakat menjadi sejahtera.”

Sejahtera itu dapat diterjemahkan bahwa setiap orang mempunyai keleluasaan dalam menjalankan urusan agamanya dan terfasilitasi dengan baik.

Sementara itu, pembangunan umat manusia juga telah menjadi cita-cita konstitusi negara RI. Pembangunan yang dimaksud mencakup fisik seperti pendirian rumah sakit, jalan, jembatan, sarana pendidikan. Dan yang kedua moral spiritual berupa agama dan budaya.

Pelatihan dalam jaringan (daring) tersebut juga dihadiri oleh Kepala BDK Padang Drs. H. Khoirul Amani, Ma, Kasubbag TU BDK Padang Aprianto, S.Ag, MA serta 120 peserta pelatihan dari lingkungan Kemenag Sumatera Barat-Jambi.