PPMB Dongkrak Indeks Kerukunan Beragama di Sumbar
  • Fitria Fitria
  • 3 April 2023
  • 171x Dilihat
  • Berita

PPMB Dongkrak Indeks Kerukunan Beragama di Sumbar

Padang - Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengatakan bahwa berdasarkan survei, Indeks Kerukunan Beragama di Sumatera Barat meningkat. Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragam memiliki peran penting di dalamnya.

10 tahun belakang, indeks Kerukunan Beragama di Sumbar sebelumnya pernah pada angka 63 dan masuk ke zona merah, kemudian saat ini meningkat menjadi 76.

“Latar belakang rendahnya indeks tersebut, karena kehadiran tokoh muda dari Timur Tengah yang tiba di Sumbar dan menyalahkan pemahaman yang ada dan menganggap ajarannya yang paling benar,”ujarnya saat sambutan pada pembukaan Pelatihan Penguatan Penggerak Moderasi Beragama angkatan I, Senin (3/4/22).

Gejalanya pemecah kerukunan ini ialah mulai mengusik dasar negara dan munculnya klaim pemahaman sepihak. Maka jika dibiarkan dapat membahayakan di tengah-tengah masyarakat.

“Artinya Program kerja Kemenag terkait penguatan Moderasi Bergama masih perlu dikembangkan secara masif,”lanjutnya.

Pada pembukaan acara yang akan berlangsung pada tanggal 3-8 April 2023 tersebut turut dihadiri oleh Plt. Kepala BDK Padang H. Aprianto, S.Ag., M.A., dan Widyaiswara serta panitia terkait.