Mengikuti Trend Pemberitaan Audiovisual, Prahum Juga Harus Kemas Berita Berbentuk Video
  • Fitria Fitria
  • 8 Februari 2023
  • 177x Dilihat
  • Berita

Mengikuti Trend Pemberitaan Audiovisual, Prahum Juga Harus Kemas Berita Berbentuk Video

Surabaya - Perkembangan informasi dan komunikasi semakin pesat, begitu pula dengan tantangan kerja Pranata Humas (Prahum) yang kian berubah.

Menurut Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Prof. Dr. Suyitno, M.Ag, sebuah riset menyebutkan bahwa saat ini tren anak muda (millenial dan gen Z) cenderung tertarik pada pemberitaan yang berbentuk audiovisual seperti yang ada di youtube, tiktok, instagram dan lainnya.

“Millenial dan gen Z ini lebih responsif dengan media sosial, sehingga tantangan Prahum saat ini ialah harus ikut ke tengah tren tersebut agar pemberitaannya lebih banyak dibaca,”ungkapnya pada acara Evaluasi Kinerja Tenaga Fungsional (Peningakatan Kualitas Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Jabatan Fungsional Pranata Humas dan Perencana) pada Rabu (7/2/23).


Pemberitaan di media sosial yang berbentuk video dinilai tak hanya informatif, namun juga mengandung nilai menghiburnya. Sehingga Kaban Suyitno menghimbau selain membuat berita secara tertulis, Prahum juga dapat mengemas berita dalam bentuk video.
“Karena berbentuk suara dan gambar, Informasi yang disajikan jadi tidak monoton dan pesan cepat tersampaikan.”

Lebih lanjut, dalam acara yang berlangsung di Surabaya tersebut Kaban Suyitno juga menuturkan peran Prahum dalam sebuah lembaga dianggap begitu penting karena memegang kendali citra lembaga.
“Baik atau buruknya sebuah lembaga itu tergantung bagaimana Prahum mengkomunikasikan dengan publik,” ujarnya dihadapan Prahum dan Perencana lingkungan Balitbang dan Diklat Kemenag RI itu.

Selain itu, pada acara yang berlangsung pada tanggal 7-10 Februari tersebut Kaban Suyitno juga menyampaikan pentingnya pembuatan karya tulis bagi Prahum dan juga Perencana.