Kaban Suyitno Ingatkan ASN Tak Boleh Ikut Politik!
  • Fitria Fitria
  • 11 Maret 2023
  • 168x Dilihat
  • Berita

Kaban Suyitno Ingatkan ASN Tak Boleh Ikut Politik!

Sumbar - Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI Prof. Dr. Suyitno, M.Ag. mengingatkan supaya para ASN tidak terlibat pada politik praktis.

Ia mengatakan salah satu tantangan pada tahun 2023 berfokus pada akselerasi moderasi beragama dikaitkan dengan maraknya politik identitas,ia menghimbau pada semua insan ASN Kemenag untuk melakukan langkah preventif untuk tidak menggunakan simbolisme agama untuk di politisasi.

“Hal ini penting karena, kita menginginkan konsep beragama digunakan sebagai konsep hidup damai dan penuh tolerasi bukan untuk kepentingan politik,”ujarnya pada peserta pelatihan BDK Padang melalui sambungan zoom meeting, Sabtu (11/3/23).

Kaban Suyitno menegaskan agar jangan sampai mendistorsi agama demi kepentingan politik. Terlebih, Gusmen mewanti-wanti ASN Kemenag menjadi contoh menetralkan diri dari hal-hal politik praktis.

“Cara pandang inilah yang kita gunakan dalam konsep moderasi beragama, sehingga punya perspektif yang sama agar tidak terjebak dengan hal yang sifatnya praktis.”

Kaban Suyitno menyampaikan ceramah tersebuht sekaligus menutup pelatihan periode 6-11 Maret 2023 tersebut. Peserta Pelatihan yang terlibat tersebut termasuk Legal Drafting dan Manajemen Pondok Pesantren Angkatan IV, selanjutnya peserta PDWK Akidah Akhlak MI, PAI SMP, Metodologi Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, Penggerakan Penguatan Moderasi Beragama.

Zoom meeting tersebut juga diikuti oleh Plt. Kepala BDK Padang H. Aprianto, S.Ag., M.A. serta panitia terkait.