Akselerasi Moderasi Beragama jadi Salah Satu Rekomendasi Utama Rakernas 2023
  • BDK Padang
  • 6 Februari 2023
  • 137x Dilihat
  • Berita

Akselerasi Moderasi Beragama jadi Salah Satu Rekomendasi Utama Rakernas 2023


BDK Padang – Usai melaksanakan sidang komisi pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023, pada penghujung acara dibacakan berbagai rekomendasi hasil dan penandatanganan komitmen yang diwakili oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Kakanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan, dan Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI.

Akselerasi Moderasi Beragama dalam menangkal potensi politik identitas turut menjadi salah satu yang termasuk dalam rekomendasi diikuti dengan delapan strategi kebijakan yang dirumuskan oleh tim kerja Balitbang Diklat Kemenag RI.

Dilansir dari website Balitang dan Diklat Kemenag RI delapan strategi kebijakan lainnya ialah Advokasi Perizinan Rumah Ibadah dan Penguatan Sistem Peringatan Dini Konflik Keagamaan, Peningkatan Kompetensi dan Kesejahteraan Penyuluh Agama, dan Percepatan Sertifikasi Halal.

Kemudian Mempertahankan Kepuasan Layanan Penyelenggaraan Haji, Inovasi dan Optimalisasi Sertifikasi Tanah wakaf dan Pengawasan Dana Sosial, Peningkatan Profesionalisme ASN Kemenag, Akselerasi Regulasi Layanan Keagamaan, serta Transformasi Kelembagaan Pendidikan Agama dan Keagamaan, Alih Status dan Kemandirian Lembaga Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Prof. Dr. Suyitno, M.Ag menuturkan bahwa tahun politik yang sudah didepan mata membuat kita harus mewaspadai disintegrasi bangsa akibat identitas politik.

“Kegiatan keagamaan yang harusnya mengajak masyarakat hidup damai dan penuh semangat persaudaraan, bisa disusupi agenda politik yang penuh agitasi dan propaganda yang memecah belah masyarakat,”katanya, Minggu (5/3/23).

Lebih lanjut, atas pemikiran tersebutlah yang menjadi latar belakang penguatan Moderasi Beragama dinilai penting untuk dilakukan akselerasi.