Top
    bdkpadang@kemenag.go.id
(0751) 7053807

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Metode Games Edukatif Berbantuan Media Papan Ular Tangga di Kelas XI IPS MAN 1 Kota Padang

Jumat, 28 Mei 2021
Kategori : Artikel Ilmiah
234 kali dibaca

ASN merupakan suatu profesi yang dalam proses kerjanya seseorang dituntut bekerja secara professional sehingga menghasilkan pelayanan publik yang berkualitas. Profesi Guru sebagai ASN perlu mengimplementasikan nilai-nilai dasar profesi agar terwujudnya pendidikan berkualitas, sehingga dengan demikian keberadaan Guru yang berkompetensi merupakan syarat mutlak hadirnya sistim dan praktik pendidikan yang berkualitas. Melalui kegiatan mengaktualisasikan nilai-nilai dasar akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, dan anti korupsi (ANEKA) akan mampu meningkatkan kinerja peserta latsar dalam menjalankan tugas dan fungsi di instansi tempat bekerja sebagai seorang Guru yang profesional dan memiliki integritas dalam mewujudkan pelayanan pendidikan berkualitas, khususnya di MAN 1 Kota Padang.

Kesimpulan yang dapat diambil dari 5 kegiatan yang telah dilaksanakan selama masa aktualisasi dan habituasi selama 30 hari kerja adalah keberhasilan Penulis untuk melakukan upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Metode Games Edukatif Berbantuan Media papan Ular Tangga. Seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan masing-masing memberikan kontribusi spesifik, baik langsung maupun tidak langsung pada proses pengembangan pendidikan khususnya terhadap proses pembelajaran dan pembentukan karakter peserta didik.

 

 

Hal ini dibuktikan melalui keberhasilan pelaksanaan kegiatan yang mendukung, yaitu:

1. Koordinasi dengan Mentor dan Atasan.

2. Mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

3. Persiapan membuat rancangan game menggunakan media papan ular tangga.

4. Praktikalisasi penyampaian materi melalui permainan menggunakan game ular tangga.

5. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran mengggunakan media ular tangga.

 

Laporan Aktualisasi kegiatan ini sangat aplikatif terutama dalam memberikan semangat positif Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk dapat menyelaraskan pikiran, hati dan perilaku yang baik dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing, sehingga tercapai hasil yang maksimal. Melalui Kegiatan Aktualisasi ini diharapkan terjadi proses refleksi mendalam terhadap nilai profesi PNS itu sendiri, dan kelak dapat terus diaplikasikan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari sebagai PNS. Selain itu, mampu meningkatkan integritas yang ada dalam diri sehingga mengubah cara pandang orang di lingkungannya terhadap paradigma PNS lama dan membentuk lingkungan yang positif, sehingga bisa meningkatkan performa organisasi publik.

Nilai-nilai dasar profesi PNS (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi) diharapkan tetap diaktualisasikan dalam melakukan tugas pokok dan fungsi sebagai abdi negara dan pelayan publik dimana saja berada, terkhusus di MAN 1 Kota Padang sehingga tercapainya pelayanan prima yang mampu menunjang perbaikan mutu dan kualitas pelayanan. Agar internalisasi nilai dasar profesi PNS pada peserta diklat prajabatan golongan III bisa terus tertanam dan tumbuh di dalam PNS kedepannya, perlu adanya evaluasi berkala terhadap PNS, sehingga internalisasi bisa terus tertanam.


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP