Top
    bdkpadang@kemenag.go.id
(0751) 7053807

Pengoptimalan Budaya 5S1J (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan santun serta Jujur) sebagai Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Kota Padang

Jumat, 28 Mei 2021
Kategori : Artikel Ilmiah
480 kali dibaca

Pelaksanaan kegiatan aktualisasi merupakan salah satu dari tahapan kegiatan Pelatihan Dasar (LATSAR). Proses aktualisasi nilai-nilai dasar PNS melatih untuk dapat melaksanakan tugas sesuai Tupoksi dengan dilandasi Nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen mutu dan Anti korupsi. Setelah selesai mengikuti rangkaian Pelatihan Dasar (LATSAR) CPNS, PNS dapat terus konsisten memaknai nilai-nilai dasar tersebut sehingga mampu melaksankan tugas dengan optimal,memberikan semangat untuk dapat menyelaraskan pikiran, hati dan perilaku yang baik dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing. Mampu meningkatkan integritas yang ada dalam diri sehingga mengubah cara pandang orang terhadap paradigma di lingkungan negatif dam membentuk lingkungan yang positif.Profesi guru sebagai PNS dituntut untuk bekerja secara profesional sehingga menghasilkan pelayananan yang berkualitas kepada peserta didik, orang tua/ wali murid, komite Madrasah dan masyarakat umum.

Pendidikan karakter adalah suatu usaha secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya.Salah satu lembaga yang bertugas untuk menumbuhkan karakter peserta didik adalah sekolah.Dalam hal ini peran guru sangat dibutuhkan untuk menanamkan karakter sopan santun terhadap peserta didik. Membentuk karakter pada peserta didik tidak dapat dilakukan secara instan, diperlukan adanya suatu pembiasaan pada siswa. Pembiasaan tersebut dapat dilakukan melalui budaya 5S. Budaya 5S adalah budaya untuk membiasakan diri agar selalu senyum, salam, sapa, sopan dan santun saat berinteraksi dengan orang lain.

Adapun saran dari hasil penyusunan aktualisasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Bagi peserta LATSAR CPNS

Bagi peserta Latsar CPNS dengan dilaksanakannya pelatihan dasar ini mulai dari proses On Campus sampai habituasi di tempat tugas yang disebut dengan Off Campus diharapkan aktualisasi nilai-nilai dasar akan terus berlanjut dilakukan dalam setiap kegiatan.

  1. Bagi Institusi tempat tugas peserta LATSAR CPNS

Diharapkan untuk terus memberi arahan dan memotivasi para ASN untuk selalu menerapkan nilai-nilai dasar profesi PNS dalam setiap kegiatan.


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP