Top
    bdkpadang@kemenag.go.id
(0751) 7053807

Pembuatan Pojok Literasi Guna Meningkatkan Minat Baca Siswa di Kelas X PK 2 MAN 2 Kota Padang

Jumat, 28 Mei 2021
Kategori : Artikel Ilmiah
1703 kali dibaca

Kegiatan aktualisasi ini telah diawali dengan membuat rancangan yang telah diseminarkan pada akhir bulan Agustus 2019 yang lalu. Kegiatan ini berangkat dari pemilihan isu utama dari beberapa isu yang ada di satuan kerja penulis, yaitu MAN 2 Kota Padang. Pemilihan isu utama ini melalui analisis kriteria isu dengan alat analisis AKPK. Dari tujuh isu tersebut diambil atau diangkat tiga isu yang memiliki peringkat tiga tertinggi. Dari tiga isu tersebut, akan dianalisis lagi melalui kualitas isu dengan alat analisis USG dan dari analisis tersebut menghasilkan satu isu terpenting yang akan di bahas dalam proses aktualisasi ini.

Isu yang penulis pilih dilatar belakangi oleh tugas penulis sebagai seorang wali kelas yang harus menata kelas dengan fasilitas semaksimal mungkin. Salah satu fasilitas yang sangat memberikan dampak kepada siswa yaitu pengadaan pojok literasi. Hal ini lah yang membuat penulis mengangkat isu dengan judul “Pembuatan Pojok Literasi Guna Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas X PK 2 MAN 2 Kota Padang”

Pembuatan pojok literasi ini menjadi fasilitas utama yang harus dipenuhi di kelas, dengan tujuan menunjang proses pembelajaran siswa. Pada pojok literasi siswa bebas meletakkan jenis buku apa saja. Hal ini bertujuan untuk membuka wawasan siswa tentang dunia luar, seperti adanya buku tentang teknologi, politik atau ensiklopedia sains lainnya.

Proses aktualisasi ini penulis lakukan dalam 5 tahap pelaksanaan. Pada setiap tahapan pelaksanaan tentunya melalui tahapan-tahapan kecil. Setiap tahapan pelaksanaan penulis selalu menghubungkan dengan nilai-nilai dasar PNS yang disingkat dengan ANEKA, sesuai dengan nilai yang berkaitan atau berhubungan dengan tahapan yang sedang dikerjakan. Tahapan-tahapan itu adalah :

1. Koordinasi dengan Kepala Madrasah tentang isu yang akan diangkat

2. Telaah dan mencari desain pojok literasi

3. Sosialisasi kepada siswa tentang kegiatan literasi

4. Pembuatan pojok literasi

5. Pelaksanaan kegiatan literasi

 

Lima tahap kegiatan di atas menjadikan terwujudnya kegiatan literasi di kelas X PK 2. Buku yang dibawa oleh masing-masing siswa memiliki jenis buku yang berbeda, seperti buku ilmu pengetahuan umum, kajian islam, bahkan tentang IT atau teknologi. Hal ini membuat siswa merasa bersemangat dan antusias untuk membaca buku-buku yang ada pada pojok literasi tersebut. Dengan demikian, jika dibandingkan dengan sebelum adanya pojok literasi di kelas X PK 2 ini, terlihat adanya peningkatan minat baca siswa. Peningkatan minat baca siswa ini diharapkan mampu memperluas wawasan siswa menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Program aktualisasi ini merupakan proses habituasi terhadap nilai-nilai ANEKA dan WOG. Diharapkan program aktualisasi ini berdampak positif bagi perubahan karakter setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga kedepannya setiap ASN memiliki karakter yang baik dengan mencerminkan nilai-nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi).


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP