Top
    bdkpadang@kemenag.go.id
(0751) 7053807
Kakanwil Jambi : Perlu Dukungan untuk Menuju Tahun Moderasi 2024

Kakanwil Jambi : Perlu Dukungan untuk Menuju Tahun Moderasi 2024

Sabtu, 11 Juni 2022
Kategori : Berita
83 kali dibaca

Padang - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Jambi H. Zoztafia, S.Ag, M.Pd.I mengatakan perlu dukungan untuk mencapai target tahun 2024 sebagai tahun moderasi.

Saat menjadi penceramah pada pelatihan moderasi beragama angkatan 5,6,7 Sabtu (11/6/22) lalu beliau juga mengungkapkan moderasi itu perlu karena saat ini umat beragama dihadapkan pada dua kutub, kutub radikal dan kutub liberal.
“Keduanya merupakan hal yang tidak baik, seperti halnya radikal. Radikal terjadi berawal dari suuzon akan aktivitas ibadah orang,”ujarnya melalui zoom meeting.

Lebih lanjut, diantara satu agama dan agama lain tentu memiliki ketidaksamaan. Namun dalam menyikapinya tak perlu mencari perbedaan terlalu dalam padahal tak sedikit pula persamaan antar agama.
“Agama harus menjadi spirit dalam kehidupan, 
dalam bekerja, mendidik anak, hingga berpolitik pun berpedomanlah pada agama untuk mencapai hidup yang terarah dan meraih ridho tuhan YME,”katanya.

Hendaknya agama ditempatkan secara tepat, bukan sebagai alat ukur manusia melainkan menjadi ajakan dan penenang hati. Konsep-konsep agama dapat menjadi cara menjalankan kehidupan.

Misalnya, tugas penyuluh agama adalah fasilitator kegiatan agama di daerah kerjanya, menentukan penceramah dan narasumber yang berkompeten.

“Sebingga penyuluh itu harus punya ilmu pengetahuan, kalau bisa jangan pernah berenti mengajar, dan belajar harus mampu melakukan komunikasi pada pihak lain yang berkaitan.”


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP