Top
    bdkpadang@kemenag.go.id
(0751) 7053807

CPNS Siap-Siap Ikuti Latsar 2022, Berikut Rangkaian Kegiatannya

Jumat, 29 Juli 2022
Kategori: Berita
87 kali dibaca

Padang – Terhitung mulai 1 Agustus mendatang, para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2022 dibawah wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang dan wilayah kerja Loka Diklat Keagamaan Pekanbaru memasuki hari pertama pelaksanaan kegiatan Pelatihan Dasar (Latsar) dengan sistem Blended Learning.

Menurut ketentuan umum PerLAN 1/2021 Blended Learning adalah Pelatihan Dasar CPNS yang dilakukan dengan memadukan proses pembelajaran tatap muka di dalam kelas dengan proses pembelajaran secara daring.

Rincian kegiatan acara diawali dengan agenda MOOC (Massive Open Online Course) selama 16 hari kerja, selanjutnya Distance Learning selama 22 hari kerja, 30 hari kerja tahap aktualisasi dan klasikal selama enam hari.

Dalam pelaksanaannya 155 peserta akan dibuat menjadi dua gelombang kegiatan dengan pembagian empat angkatan dimana angkatan satu, dua, tiga terdiri dari 40 peserta sedangkan angkatan keempat terdiri dari 35 peserta.

Dijelaskan oleh Sub Koordinator Diklat Teknis Administrasi Drs. Emi Arbi, tahap MOOC yang akan dimulai senin pekan depan yang diisi dengan aktivitas belajar mandiri melalui laman http://swajar-asnpintar.lan.go.id/login termasuk adanya evaluasi akademik.

“Pada kondisi ini peserta Latsar CPNS tidak dibebastugaskan atau dengan kata lain, para CPNS tetap bekerja pada satuan kerjanya seperti semula dan tetap menggunakan seragam kantor masing-masing,”jelasnya.

Lebih lanjut, memasuki fase Distance learning waktu pelaksanaan sudah mulai terbagi dua sesuai dengan gelombang yang ditentukan. Pembelajaran akan berlangsung secara virtual baik synchronous dan asynchronous (penilaian sikap perilaku melalui penugasan individu dan kelompok).

Distance Learning ini berbasis kelompok dan akan difasilitasi oleh Widyaiswara,”lanjutnya.

Saat zoom meeting peserta sudah diwajibkan mengenakan kemeja putih lengan panjang dan bawahan (celana/rok) berwarna hitam serta bagi yang berhijab memakai kerudung putih. Saat ini pula telah diwajibkan menggunakan name tag, lencana korpri serta dasi baik pria maupun wanita.

Berpindah dari laman saat MOOC, saat distance learning peserta melaporkan kehadiran dan mengumpulkan tugas melalui laman https://kolabjar-asnpintar.lan.go.id/login. tak hanya berisi penyampain materi, dalam perjalanannya peserta sudah harus merancang aktualisasinya untuk persiapan seminar rancangan pada akhir sesi.

Untuk membimbing penggarapan aktualisasi tersebut, peserta akan dibantu oleh seorang mentor yang merupakan atasan langsung pada satuan kerjanya dan seorang coach sebagai pembimbing yang berasal dari pihak BDK Padang.

“Meskipun sedang menjalankan kegiatan distance learning, para CPNS tidak mendapat bebas tugas dari tempat bekerja, tetapi hal ini tergantung dengan kebijakan atasan masing-masing.”

Sampai pada ke tahap aktualisasi, para peserta akan dikembalikan lagi ke satuan kerja sekaligus menerapkan rancangan yang telah ia buat.

“Dalam jangka waktu satu bulan aktualisasi tersebut, tidak menutup kemungkinan tim BDK Padang akan melakukan pemantauan ke satuan kerja,”ujarnya Emi Arbi.

Dan kegiatan terakhir, klasikal akan diselenggarakan di BDK Padang secara luar jaringan atau tatap muka selama enam hari dan diwajibkan untuk menginap di asrama BDK Padang. Pasukan tentara juga akan dilibatkan pada kegiatan ini khusunya dalam rangka bela negara.

“Pada hari Jum’at akan dilangsungkan seminar aktualisasi dan penutupann pada Hari Sabtu,”katanya.

Pada akhir perbincangan, Emi Arbi berharap para CPNS Peserta Latsar CPNS 2022 dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan baik dan disiplin. Sebagaimana tujuan dari pelaksanaan Latsar ini untuk mewujudkan Smart ASN.

“Yang berarti pegawai yang memiliki nilai-nilai integritas, nasionalisme, professional, berwawasan global, menguasai IT dan bahasa asing berjiwa hospitality, Berjiwa Entrepreneurship dan Memiliki Jaringan Luas,”tutupnya.

Penulis :

Editor :

Sumber :


Berita Terkait

Tidak ada berita terkait

ARSIP