Pembukaan Serentak Pelatihan Klasikal dan PJJ BDK Padang Menuju Individu yang Berkompetensi
  • 23 Mei 2022
  • 251x Dilihat
  • Berita

Pembukaan Serentak Pelatihan Klasikal dan PJJ BDK Padang Menuju Individu yang Berkompetensi

BDK Padang - Secara bersamaan Plt. Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI Prof. Dr. Abu Rokhmad, M.Ag membuka 10 pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Padang, Senin (23/5/22). 

Dalam kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan materi tentang moderasi beragama. Sebagaimana disebutkannya bahwa setiap agama sudah memiliki ajaran agama dalam menjalankan ibadahnya masing-masing. Dengan keberagaman itulah kita diuji untuk bersikap ditengah-tengah. 

“Disaat ada perbedaan agama, maka jangan melihat agama yang tak sama itu memandangnya dengan kacamata agama sendiri,”tegasnya.

Abdu Rokhmad juga mengatakan sikap beragama yang dimaksud dalam moderasi beragama adalah cara pandang, sikap dan perilaku yang selalu mengambil posisi di tengah-tengah, selalu bertindak adil dan tidak menjadi eksrem.

Beragama yang tidak tepat justru dapat mengingkari agamanya sendiri jika bersikap eklusif, padahal seharusnya menjadi inklusif.

“Seharusnya integratif tidak segregatif, bersikaplah kooperatif bukan konfrontatif, konstruktif tidak destruktif agar menjadi moderat dan menghidari yang ekstrem,”jelasnya. 

Dirinya juga berpesan agar apapun tugas dan fungsi kinerja para peserta pelatihan, tetapi tetaplah tujuannya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.
“Maka dari itu kesempatan ini wajib digunakan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan setiap individu.”

Pelatihan tersebut termasuk 6 kelas Pelatihan Jarak Jauh yang berlangsung melalui zoom meeting meliputi: Pelatihan Penelitian tindakan kelas (PTK) angkatan 1 dan 2, Pelatihan Publikasi Ilmiah angkatan 1 dan 2, Pelatihan penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah (LAKIP) dan Pelatihan Pelayanan publik. 

Kemudian diselenggarakan pula empat kelas pelatihan klasikal dalam kampus meliputi: Pelatihan Penguatan Kompetensi pengawas, Pelatihan Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah angkatan III, Pelatihan Penguatan Kompetensi kepala Madrasah angkatan IV
Serta Pelatihan Teknis Fotografi dan Videografi. 

Pada pembukaan daring yang berlangsung pada pukul 13.30 wib tersebut turut hadir Kepala BDK Padang Drs. H. Khoirul Amani, M.A, Kasubbag TU Aprianto, S.Ag, M.A, Widyaiswara dan Panitia Penyelenggara.