tinta printertinta infusphoto paper
Minggu, 23 November, 2014
   
Text Size

Pengumuman

Kiat Memotivasi Siswa dalam Pembelajaran PAI

Oleh Zaimah Umar

Widyaiswara Madya pada Balai Dklat Keagamaan Padang

 

ABSTRAK

Motivasi merupakan langkah penggerak dari setiap kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang akan dikerjakan. Motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya pembelajaran PAI.Jadi motivasi sebagai pendorong,pengarah dan sekaligus sebagai penggerak perilaku siswa untuk mencapai suatu tujuan dari pembelajaran (PAI )

Kata Kunci: Motivasi, Pembelajaran PAI

 

PENDAHULUAN

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlakukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Itulah tujuan pendidikan agama Islam yang dicantumkan dalam pasal Undang-undang RI No. 20 tentang SISDIKNAS.

Sedangkan Pendidikan Islam adalah pendidikan individual dan masyarakat, karena di dalam ajaran Islam berisi tentang sikap dan tingkah laku pribadi masyarakat, menuju kesejahteraan hidup perorangan dan bersama serta lebih banyak menekankan kepada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan, baik bagi keperluan sendiri maupun orang lain (Zakiah Daradjat, 1996:28).

Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah atau di madrasah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasahalan yang kurang menyenangkan.  Seperti halnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian “pengetahuan tentang Agama Islam.” Hanya sedikit yang arahnya pada proses internalisasi nilai-nilai Islam pada diri siswa.. Proses internalisasi tidak secara otomatis terjadi ketika nilai-nilai tertentu sudah dipahami oleh siswa. Artinya, metode ceramah yang digunakan guru ketika mengajar PAI berpeluang besar gagalnya proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada diri siswa, hal ini disebabkan siswa kurang termotivasi untuk belajar materi PAI (Saepul Hamdani, 2003: 1).

Seperti halnya metode pembelajaran agama Islam yang selama ini lebih ditekankan pada hafalan (padahal Islam penuh dengan nilai-nilai yang harus dipraktekkan dalam perilaku keseharian), akibatnya siswa kurang memahami kegunaan dan manfaat dari apa yang telah dipelajari dalam materi PAI yang menyebabkan tidak adanya motivasi siswa untuk belajar materi PAI. Dalam belajar motivasi memegang peranan penting, yaitu sebagai pendorong siswa dan merupakan syarat mutlak dalam belajar. Di sekolah, sering terdapat anak yang malas, tidak menyenangkan, suka membolos dan lain sebagainya. Dalam masalah demikian, berarti bahwa guru tidak berhasil memberikan motivasi yang tepat untuk mendorong anak-anak, agar mereka bekerja dengan segenap tenaga dan pikirannya. Sedangkan intensitas belajar siswa sudah barang tentu dipengaruhi oleh motivasi. Siswa yang ingin mengetahui sesuatu dari apa yang dipelajari adalah sebagai tujuan yang ingin siswa capai selama belajar, karena siswa mempunyai tujuan ingin mengetahui sesuatu itulah akhirnya siswa terdorong untuk mempelajarinya.
Seluruh akivitas belajar siswa adalah untuk mendapatkan prestasi belajar yang baik. Setiap siswa pasti tidak ingin memperoleh prestasi belajar yang jelek. Oleh karena itu setiap siswa berlomba-lomba untuk mencapai dengan suatu usaha yang dilakukan seoptimal mungkin. Dalam hal yang demikian maka prestasi belajar bisa dikatakan sebagai kebutuhan yang memunculkan motivasi dari dalam diri siswa untuk selalu belajar.
Salah satu bentuk keberhasilan belajar siswa adalah dilambangkan dengan angka atau nilai. Angka atau nilai adalah simbol dari keberhasilan kegiatan belajar. Dengan demikian maka, antara nilai dan motivasi tidak dapat dipisahkan dan saling terkait, sebab intensitas motivasi akan menentukan tingkat pencapaian prestasi belajar siswa.

Untuk melaksanakan tugas secara professional, guru memerlukan wawasan yang mantap tentang kemungkinan-kemungkinan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan belajar yang telah dirumuskan.

Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah menumbuhkan motivasi belajar siswa pada materi PAI.

PEMBAHASAN

Pengertian Motivasi

Menurut Mc Donald, motivasi adalah perubahan energy dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.

Dalam kegiatan pembelajaran, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan gaya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan pembelajaran, sehingga diharapkan tujuan yang ada dapat tercapai. Siswa tidak termotivasi dalam pembelajaran PAI karena guru masih atau selalu menggunakan model Konvensional dan kurang menggunakan media, padahal media itu ada di sekitar siswa.

Motivasi sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena seseorang yang tidak memunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.

Jenis-jenis motivasi

1. Motivasi Instrinsik. Jenis motivasi ini timbul dari dalam individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan orang lain, hanya kemauan sendiri.

Siswa dengan kemauan dan kesadaran sendiri mengolah materi pelajaran tanpa terganggu dengan hal-hal yang ada disekitarnya. Rasa ingin tahunya lebih tinggi terhadap materi pembelajaran PAI.

2. Motivasi Ekstrisik. Motivasi ini tim bul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, karena ajakan,paksaan,suruhan dari orang lain sehingga dengan keadaan demikian siswa mau melakukan sesuatu atau belajar.

Siswa mau belajar karena perintah, suruhan atau ajakan gurunya. Disini tugas guru membangkitkan motivasi siswa sehingga dia mau belajar.

Kiat memotivasi siswa dalam pembelajaran PAI

Ada beberapa kiat untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam materi pembelajaran PAI, diantaranya;

a. Menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa

Guru harus menjelaskan tujuan materi yang akan diajarkan diawal pembelajaran kepada siswa. Dengan demikian siswa termotivasi kearang mana mereka akan dibawa.

b. Bangkitkan semangat belajar dan berikan perhatian kepada siswa.

Hal ini bisa dilakukan dengan meminta siswa untuk menyanyikan yel-yel, bernyanyi bersama,atau melakukan permainan.

c. Menggunakan model pembelajaran .

Dalam kegiatan pembelajaran pilih model yang cocok dengan materi

d. Siapkan media yang tepat dengan materi terutama yang ada dilingkungan siswa.

e. Munculkan kompetisi atau saingan yang positif.

Guru menciptakan suasana yang segar dalam pembelajaran dengan mengadakan diskusi atau membuat model–model pembelajaran yang memunculkan sikap aktif, kreatif siswa.

f. Kebiasaan pembelajaran yang baik.

Siswa yang suaranya keras atau emosional yang tinggi, berebutan berbicara, cuek, diam saja dan sebagainya, diperhatikan dan diperingatkan oleh guru sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai dengan etika yang baik.

g. Membantu kesulitan belajar siswa.

Selama proses pembelajaran, guru harus mendampingi siswa untuk membantu mereka jika mengalami kesulitan atau keraguan dalam membahas materi tersebut.

h. Pujian

Bagi siswa yang berprestasi beri pujian yang membuat semangat belajarnya tinggi

i. Sangsi/hukuman.

Sangsi/hukuman diberikan kepada siswa yang membuat kesalahan. Sangsi /hukuman harus positif dan bersifat membangun, sehingga siswa tersebut menyadari bahwa yang dilakukannya belum tepat.

j. Reward/Hadiah

Berikan reward/hadiah kepad siswa yang terbaik. Hal ini akan memicu semangat mereka untuk belajar lebih giat lagi. Disamping itu siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar ketinggalannya.

Dari beberapa uraian diatas, nampak jelas bahwa motivasi berfungsi sebagai pendorong, pengarah, dan sekaligus penggerak prilaku siswa dalam belajar untuk mencapai tujuan materi pembelajaran PAI. Guru merupakan factor yang penting untuk mengusahakan terlaksananya fungsi-fungsi tersebut untuk memenuhi kebutuhan siswa.

KESIMPULAN

Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) harus mampu memotivasi siswa, sehingga materi pembelajaran menarik bagi mereka. Bahkan diharapkan pembelajaran PAI merupakan materi yang dibutuhkan dalam diri siswa yang akan membawa mereka tenang dalam menghadapi kehidupan ini.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu dan Prasetya, Joko Tri. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

A.M, Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kusrini, Siti. Motivasi Belajar. Malang: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang.

Muhaimin, dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV Citra Media.

N.K., Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Pupuh Fathurrohman. M.Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar Bandung: Refika Aditama

Zuhairini, dkk. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.

it konsultanit supportjasa pembuatan aplikasi dan server jual beli motor motor bekasjual motor bekas sarang semut papuateh sarang semutrumput kebar ecotrubakteri dan enzimenvironmental consultant indonesia sewa mobil murah jakartarental mobil harianrent car free download moviedownload filmsubtitle indonesia jual beli mobil bekassitus jual beli mobilmobil bekas pakar seo indonesia narasumber seminarmaster seo berita bantenrakyat bantenpendekar banten okezonejual mobil bekastoko online gratis komunitas itstaff executive komunitas hacker serang kotaserangpemerintah serang terpupuskansejarah pahlawansejarah tangerang jasa seojasa seo berkualitasjasa backlink sewa mobil murah jakartarental mobil harianrent car jasa mobiejasa mobilejasa jablay tangseltangerang selatantangerang ku bangdjocerita dewasafoto abg bugil tampilan bagusabg labilbuka kerudung
serang kota terpupuskan jasa seo sewa mobil murah jakarta jasa mobie tangsel tampilan bagus belajar seo seo murah dota 2 indonesia ternak lele google bot Data Maya dealer motor bekas prabotan rumah kicau burung verza indonesia community digital telekomunikasi dihina telekomunikasi wajar aja pantai sawarna pantai anyer liburan ke pantai seo jakarta terpusatkan appacer orang sunda xone shop indonesia perabotan rumah resep makanan distributor tas rangsel pantai tanjung lesung jual tinta printer kota rambah emping banten jual rumah info loker kali gua