tinta printertinta infusphoto paper
Senin, 24 November, 2014
   
Text Size

Pengumuman

MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN PAI: SEBUAH METODE YANG KREATIF

Oleh Aprianto, M.A., Widyaiswara Muda Balai Diklat Keagamaan Padang

A. Pendahuluan

Berbagai upaya dilakukan untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran, diantaranya melakukan perbaikan metode pembelajaran baik belajar dalam kelas maupun di luar kelas. Apabila merujuk kepada pengelolaan pendidikan agama di sekolah, sesuai dengan Peraturan Menteri Agama No. 16 Tahun 2010, pembelajaran PAI merupakan bagian dari pendidikan agama yang dilaksanakan di sekolah dan dilakukan dengan berbagai macam metode.

Dalam dunia pendidikan, metode yang telah dipelajari dan diterapkan dalam pembelajaran sangat banyak dan beragama. Dengan banyaknya metode tersebut mengakibatkan guru atau pendidik menjadi pusing dan penuh keraguan dalam menerapkan metode tersebut. Untuk mudah mempergunakan metode yang ada, diperlukan kajian spesifik dengan melihat kompetensi dasar yang terdapat dalam standar isi pendidikan agama Islam.

Pada sisi lain, dalam dunia pendidikan telah berkembang penggunaan dan pemakaian mind map. Dalam beberapa diskusi dan pertemuan, dengan metode mind map ini, siswa akan muda memahami sebuah konsep yang diajarkan oleh guru serta dengan metode mind map ini, siswa terlatih otaknya belajar dengan sistem jejaring atau laba-laba.

Di antara metode yang ada dalam pembelajaran PAI, penulis menawarkan sebuah metode pembelajaran dengan nama metode mind map. Dalam tulisan ini, penulis akan menguraikan apakah mind map dapat diterapkan dalam pembelajaran PAI dan bagaimana langkah-langkah untuk melakukan metode mind map tersebut.

Konsep Mind Map

Secara bahasa mind map terdiri dari dua kata, yakni mind artinya pikiran dan map artinya peta. Maka secara bahasa dapat diartikan dengan peta pikiran. Mind map pertama kali dikemukan oleh Toni Buzan, seorang seorang penulis dan konsultan pendidikan dengan nama lengkap Anthony Peter Buzan, kelahiran kelahiran 2 Juni 1942. (Wikipedia, 2005)

Dalam bukunya, “Buku Pintar Mind Map” (Toni Buzan, 2005) pengertian mind map secara istilah adalah cara termudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar dari otak. Dalam penjelasan lanjutannya, Toni Buzan (2005) menekankan pengertian mind map dengan cara mencatat yang kreatif, efektif dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran kita.

Wikipedia (diunduh tanggal 8 Agustus 2011) merinci defenisi mind map sebagai berikut:

A mind map is a diagram used to represent words, ideas, tasks, or other items linked to and arranged around a central key word or idea. Mind maps are used to generate, visualize, structure, and classify ideas, and as an aid to studying and organizing information, solving problems, making decisions, and writing.

Sebuah peta pikiran adalah sebuah diagram yang digunakan untuk mewakili kata-kata, ide, tugas, atau item lain yang terhubung dengan kata kunci sentral atau ide. Peta pikiran yang digunakan dapat menghasilkan, memvisualisasikan, struktur, dan mengklasifikasikan ide-ide, dan sebagai bantuan untuk belajar dan mengorganisir informasi, memecahkan masalah, membuat keputusan, dan menulis.

Karakteristik mind map ini berada pada membedakan kata-kata atau gagasan, menggunakan dengan warna dan simbol. Mind map pada umumnya mengambil format hirarki atau cabang pohon, dengan ide-ide bercabang menjadi subbagian mereka. Peta pikiran memungkinkan kreativitas yang lebih besar saat merekam ide-ide dan informasi, serta memungkinkan catatan untuk mengasosiasikan kata dengan representasi visual. Peta Pikiran berbeda dari peta konsep dalam peta pikiran yang berfokus pada hanya satu kata atau ide, sedangkan peta konsep menghubungkan beberapa kata atau gagasan.

Contoh Mind Map.

Sumber: http://www.google.co.id/imgres, diunduh tanggal 8 Agustus 2011 jam 14.45 wib

A. Mind Map dalam Pembelajaran PAI

Apabila dipahami dari konsep mind map di atas,mind map dapat digunakan sebagai berikut: pemecahan masalah, garis / kerangka desain, struktur / hubungan representasi, anonim kolaborasi, penggabungan kata dan visual, individu ekspresi kreativitas, kondensasi materi ke dalam format yang ringkas dan berkesan, membangun tim atau sinergi menciptakan aktivitas, dan meningkatkan semangat kerja. (Wikipedia, 2011)

Dari kegunaan di atas, maka mind map dapat dipakai dalam pembelajaran PAI. Hal ini dapat diketahui bahwa dalam PMA No. 16 Tahun 2010 tentang pengelolaan pendidikan agama di sekolah, pendidikan agama adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian, dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya, yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan. Pengertian pendidika agama dalam PMA No. 16 Tahun 2010 termasuk juga pengertian pendidikan agama Islam.

Pada sisi lain pendidikan agama Islam juga dapat diartikan dengan usaha sadar untuk menyiapkan siswa agar memahami ajaran Islam ( knowing ), terampil melakukan atau mempraktekkan ajaran Islam ( doing ), dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari ( being ). (Ahmad Tafsir, 1992)

Dari uraian di atas dapat dipahami bahwa pendidikan agama Islam apabila dilihat dari kegunaan mind map mempunyai hubungan yang berkaitan. Dengan adanya mind map, pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dapat dilakukan dengan sistem pemecahan masalah, adanya ekspresi kreativitas menjadikan materi PAI lebih ringkas dan berkesan, membangun tim belajar, meningatkan semangat belajar para siswa dalam belajar.

Apabila dilihat dari pengertian PAI yang kemukakan oleh Ahmad Tafsir di atas, materi PAI dapat dipakai untuk mind map ini adalah materi yang bersifat kognitif yang berkaitan dengan pemahaman keislaman siswa. Seperti: KD PAI SMA Kelas X semester satu: Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.

B. Langkah Mind Map dalam Pembelajaran PAI

Sebelum membicarakan langkah-langkah mind map dalam pembelajaran PAI, penulis akan menjelaskan langkah dalam membuat mind map (Toni Buzan, 2005), yakni:

1. Mulailah dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya dilitakkan mendatar.

2. Gunakan gambar atau foto untuk ide sentral.

3. Gunakan warna.

4. Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua, dan seterusnya

5. Buatlah garis hubung yang melengkung, bukan garis lurus.

6. Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis.

7. Gunakan gambar, selain pada gambar sentral.

Dari langkah-langkah membuat mind map di atas, apabila dikaitkan dengan metode pembelajaran, langkah-langkah mind map dalam pembelajaran PAI sebagai berikut:

1. Menyampaikan kompetensi yang harus dikuasai

2. Tentukan satu topik/masalah utama, untuk tertentu gunakan kata/gambar

3. Munculkan satu topik yang berhubungan dengan topik utama

4. Lakukan seperti langkah ketiga dan seterusnya seperti langkah-langkah membuat mind map di atas

5. Memberikan konfirmasi.

Sebagai sebuah metode, mind map memiliki kelebihan dan kekurangan. Dhida Dwi Kurniawati (2010) telah memerinci kelebihan dan kekurangan dari metode mind map ini.

Kelebihan dari metode mind map adalah:

1. Dapat mengemukakan pendapat secara bebas.

2. Dapat bekerjasama dengan teman lainnya

3. Catatan lebih padat dan jelas

4. Lebih mudah mencari catatan jika diperlukan.

5. Catatan lebih terfokus pada inti materi

6. Mudah melihat gambaran keseluruhan

7. Membantu Otak untuk : mengatur, mengingat, membandingkan dan membuat hubungan

8. Memudahkan penambahan informasi baru

9. Pengkajian ulang bisa lebih cepat

10. Setiap peta bersifat unik

Sedangkan kekurangan dari metode mind map ini adalah:

1. Hanya siswa yang aktif yang terlibat.

2. Tidak sepenuhnya murid yang belajar

3. Mind map siswa bervariasi sehingga guru akan kewalahan memeriksa mind map siswa.

C. Penutup

Dari uraian di atas, dengan menggunakan contoh dan langkah-langkah dalam pembelajaran, mind map dapat dilaksanakan dalam pembelajaran PAI. Dengan digunakannya mind map dalam pembelajaran, maka dalam konteks ini, mind map disebut sebagai metode pembelajaran.

KEPUSTAKAAN

Peraturan Menteri Agama No. 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah.

Ahmad Tafsir. 1992. Ilmu pendidikan dalam perpektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

http://pkab.wordpress.com/2008/02/29/peta-pikiran-mind-mapping/ di unduh tanggal 8 Agustus 2011 jam 09.25 wib.

http://en.wikipedia.org/wiki/Tony_Buzan diunduh tanggal 8 Agustus 2011 jam 09.35 wib.

Toni Buzan. 2005. Buku pintar mind map(terj.). Jakarta: Gramedia.

Dhida Dwi Kurniawati. 2010. Pengaruh metode mind mapping dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP M 5 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010. (Skripsi). Surakarta: UMS.

http://www.google.co.id/imgres, diunduh tanggal 8 Agustus 2011 jam 14.45 wib

it konsultanit supportjasa pembuatan aplikasi dan server jual beli motor motor bekasjual motor bekas sarang semut papuateh sarang semutrumput kebar ecotrubakteri dan enzimenvironmental consultant indonesia sewa mobil murah jakartarental mobil harianrent car free download moviedownload filmsubtitle indonesia jual beli mobil bekassitus jual beli mobilmobil bekas pakar seo indonesia narasumber seminarmaster seo berita bantenrakyat bantenpendekar banten okezonejual mobil bekastoko online gratis komunitas itstaff executive komunitas hacker serang kotaserangpemerintah serang terpupuskansejarah pahlawansejarah tangerang jasa seojasa seo berkualitasjasa backlink sewa mobil murah jakartarental mobil harianrent car jasa mobiejasa mobilejasa jablay tangseltangerang selatantangerang ku bangdjocerita dewasafoto abg bugil tampilan bagusabg labilbuka kerudung
serang kota terpupuskan jasa seo sewa mobil murah jakarta jasa mobie tangsel tampilan bagus belajar seo seo murah dota 2 indonesia ternak lele google bot Data Maya dealer motor bekas prabotan rumah kicau burung verza indonesia community digital telekomunikasi dihina telekomunikasi wajar aja pantai sawarna pantai anyer liburan ke pantai seo jakarta terpusatkan appacer orang sunda xone shop indonesia perabotan rumah resep makanan distributor tas rangsel pantai tanjung lesung jual tinta printer kota rambah emping banten jual rumah info loker kali gua