tinta printertinta infusphoto paper
Selasa, 23 Desember, 2014
   
Text Size

Pengumuman

PEMETAAN STANDAR ISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI): SEBUAH PENDEKATAN APLIKATIF

Oleh:

Aprianto

Widyaiswara Muda pada Balai Diklat Keagamaan Padang

A. Pendahuluan

Sejak Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dilaksanakan pada tahun 2006, guru pada satuan pendidik telah berusaha melaksanakan standar isi tersebut sesuai dengan kemampuan dan pengalaman masing-masing. Standar Isi memuat materi yang akan diajarkan guru kepada siswa. Bagian dari standar isi terdiri dari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD).

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah merupakan bagian dari Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Pembelajaran PAI tidak bisa dipisahkan dari sistem pembelajaran yang dilaksanakan pada satuan pendidikan, karena pembelajaran PAI sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional.

Agar mata pelajaran PAI berjalan dengan baik, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan pemetaan standar isi PAI. Dengan melakukan pemetaan, setiap KD dan indikator dapat dilihat tingkat ranah berpikirnya, silabus dan RPP serta materi pokok muda dijabarkan dan dikembangkan. Tulisan ini mencoba untuk membahas pemetaan standar isi mata pelajaran PAI dengan pendekatan aplikatif.

B. Pembahasan

1. Format Pemetaan Standar Isi

Pemetaan standar isi dikembangkan setelah standai isi dinyatakan diberlakukan secara nasional pada satuan pendidikan. Agar pemetaan berjalan dengan baik, cara melakukannya dengan mengisi format yang telah disepakati.

Adapun format pemetaan standar isi tersebut adalah:


PEMETAAN STANDAR ISI (SK DAN KD)

Mata Pelajaran :

Kelas/Semester :

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Tingkatan Ranah KD

Indikator Pencapaian

Tingkatan Ranah IPK

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

1

2

3

4

5

2. Kata Kerja Operasional (KKO) Edisi Revisi Teori Bloom

Kata Kerja Operasional (KKO) yang dibuat dalam tulisan ini merupakan pengembangan dari Teori Bloom edisi revisi oleh Anderson (2001). Dalam Teori Bloom edisi revisi ini, tetap memakai tiga ranah yakni kognitif, afektif dan pskomotor.

Berikut ini diuraikan kata kerja operasional masing-masing tingkatan ranah berpikir teori bloom tersebut.

a. Ranah Kognitif

Kata Kerja Operasional untuk Ranah kognitif adalah:

1) Mengingat (C.1)

Mengenali, Mengingat kembali, Membaca, Menyebutkan, Melafalkan/melafazkan, Menuliskan, Menghafal

2) Memahami (C.2)

Menjelaskan, Mengartikan, Menginterpretasikan, Menceritakan, Menampilkan

Memberi contoh, Merangkum, Menyimpulkan, Membandingkan, Mengklasifikasikan, Menunjukkan, Menguraikan, Membedakan, Mengidentifikasikan

3) Menerapkan (C.3)

Melaksanakan, Mengimplementasikan, Menggunakan, Mengonsepkan, Menentukan, Memproseskan

4) Menganalisis (C.4)

Mendiferensiasikan, Mengorganisasikan, Mengatribusikan, Mendiagnosis, Memerinci, Menelaah, Mendeteksi, Mengaitkan, Memecahkan, Menguraikan

5) Mengavaluasi (C.5)

Mengcek, Mengkritik, Membuktikan, Mempertahankan, Memvalidasi, Mendukung, Memproyeksikan

6) Menciptakan (C.6)

Membangun, Merencanakan, Memproduksi, Mengkombinasikan, Merangcang, Merekonstruksi, Membuat, Menciptakan, Mengabstraksi

b. Ranah Afektif

Kata kerja operasional untuk ranah afektif adalah:

1) Menerima (A.1)

Mengikuti, Menganut, Mematuhi, Meminati

2) Merespon (A.2)

Mengompromikan, Menyenangi, Menyambut, Mendukung, Menyetujui, Menampilkan, Melaporkan, Memilih, Mengatakan, Memilah, Menolak

3) Menghargai (A.3)

Mengasumsikan, Meyakini, Meyakinkan, Memperjelas, Memprakarsai, Mengimani, Menekankan, Menyumbang

4) Mengorganisaskan (A.4)

Mengubah, Menata, Mengklasifikasikan, Mengombinasikan, Mempertahankan, Membangun, Membentuk pendapat, Memadukan, Mengelola, Menegosiasi, Merembuk

5) Karakterisasi Menurut Nilai (A.5)

Membiasakan, Mengubah perilaku, Berakhlak mulia, Mempengaruhi, Mengkualifikasi, Melayani, Membuktikan, Memecahkan

c. Ranah Psikotomor

Kata kerja operasional untuk ranah psikomotor adalah:

1) Meniru (P.1)

Menyalin, Mengikuti, Mereplikasi, Mengulangi, Mematuhi

2) Memanipulasi (P.2)

Kembali membuat, Membangun, Melakukan, Melaksanakan, Menerapkan

3) Melakukan dengan prosedur (P.3)

Menunjukkan, Melengkapi, Menunjukkan, Menyempurnakan, Mengkalibrasi, Mengendalikan

4) Melakukan dengan baik dan tepat (P.4)

Membangun, Mengatasi, Menggabungkan Koordinat, Mengintegrasikan, Beradaptasi, Mengembangkan, Merumuskan, Memodifikasi, Master

5) Melakuka secara alamiah (P5)

Mendesain, Menentukan, Mengelola, Menciptakan

3. Langkah-langkah mengisi Format Pemetaan

Mata Pelajaran

Diisi sesuai dengan mata pelajaran yang diajar, seperti PAI

Kelas/Semester

Diisi sesuai dengan kelas dan semester yang disesuaikan dengan SK dan KD pada Standar Isi, seperti: kelas IX semester 1

Standar Kompetensi

Ambil pada Stadar Isi, sesuai dengan Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi

Kompetensi Dasar

Ambil pada Standar Isi, sesuai dengan Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi

Tingkatan Ranah KD

Lihat kata kerja opersional (KKO) pada kompetensi dasar, kemudian dicocokkan dengan ranah tingkat berpikir teori bloom dengan tiga ranah yakni kognitif, afektif dan psikomotor.

Contoh: KD pada kelas IX semester 2

11.1 Menjelaskan pengertian takabur, maka tingkatan ranah KD nya C.2

Indikator Pencapaian

Dikembangkan sesuai dengan KD yang ada dengan mengacu pada aturan pembuatan indikator, disesuaikan dengan tingkatan ranah berfikir bloom.

Contoh: Apabila KD berada pada posisi C.2, maka indikator pencapaian disusun berangkat dari C.1 sampai dengan C.2. Apabila indikator pencapaian disusun melebihi dari KD, maka harus dilihat dulu KD berikutnya. Kalau KD berikutnya lebih tinggi, maka indikator pencapaian cukup pada KD tersebut, karena pada KD berikutnya akan dikembangkan pula. Apabila KD-nya berada pada C.2, maka indikator pencapaian boleh sampai pada ranah afektif.

Contoh:

1. Mengenali pengertian takabbur secara bahasa

2. Mengenali pengertian takabbur secara istilah

3. Menjelaskan pengertian takabbur secara bahasa

4. Menjelaskan pengertian takabbur secara istilah

5. Menerima pengertian takabbur

Tingkatan Ranah IPK

Diisi sesuai dengan tingkatan berpikir teori bloom dengan melihat tingkat berpikir dari KD.

Contoh:

1. Mengenali pengertian takabbur secara bahasa (C.1)

2. Mengenali pengertian takabbur secara istilah (C.1)

3. Menjelaskan pengertian takabbur secara bahasa (C.2)

4. Menjelaskan pengertian takabbur secara istilah (C.2)

5. Menerima pengertian takabbur (A.1)

Materi Pokok

Cara membuat Materi Pokok, dimabil dari KD. Pada KD terdiri dari dua unsur yakni Kata Kerja dan Kata Benda. Kata Benda pada KD dijadikan sebagai materi pokok.

Contoh:

KD-nya: Menjelaskan pengertian takabur.

Maka Materi Pokoknya adalah pengertian takabur.

Ruang Lingkup

Sesuai dengan Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, maka ruang lingkup PAI adalah:

1. Al-Qur’an dan Hadis

2. Aqidah

3. Akhlak

4. Fiqh

5. Tarekh dan Kebudayaan Islam

Alokasi Waktu

Diisi sesuai dengan perbandingan jumlah minggu efektif dengan jumlah KD yang tersedia pada satu semester.

Contoh: 2 x 40 menit

4. Contoh Pemetaan Standar Isi PAI SMP

Adapun contoh pemetaan standar isi PAI SMP sebagaimana terlampir.

C. Penutup

Dari uraian di atas, pengisian format dalam membuat pemetaan Standar Isi PAI, harus mengacu pada teori bloom dengan tiga ranah, yakni: kognitif, afektif dan psikomotor, sekaligus kata kerja operasional (KKO) yang telah dibuat.

Referensi

Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi

Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Agama No. 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah

http://www.hilman.web.id/posting/blog/852/revisi-taksonomi-bloom-atau-revised-bloom-taxonomy.html tgl 17 September 2010 jam 13.41 wib

Sumber: http://www.nwlink.com/~donclark/hrd/bloom.html tgl 20 Oktober 2010 jam 08.11 wib

Widodo, A. (2005). Taksonomi Tujuan Pembelajaran. Didaktis. 4(2).

http://mthohir.wordpress.com/2009/01/26/revisi-taksonomi-bloom-sebagai-kompleksitas-fungsi-otak/ tgl 17 Oktober 2010 Jam 13.36 wib


KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) EDISI REVISI TEORI BLOOM

RANAH KOGNITIF

Mengingat

(C1)

Memahami

(C2)

Menerapkan

(C3)

Menganalisis

(C4)

Mengevaluasi

(C5)

Menciptakan

(C6)

1

2

3

4

5

6

Mengenali

Mengingat kembali

Membaca

Menyebutkan

Melafalkan/melafazkan

Menuliskan

Menghafal

Menjelaskan

Mengartikan

Menginterpretasikan

Menceritakan

Menampilkan

Memberi contoh

Merangkum

Menyimpulkan

Membandingkan

Mengklasifikasikan

Menunjukkan

Menguraikan

Membedakan

Mengidentifikasikan

Melaksanakan

Mengimplementasikan

Menggunakan

Mengonsepkan

Menentukan

Memproseskan

Mendiferensiasikan

Mengorganisasikan

Mengatribusikan

Mendiagnosis

Memerinci

Menelaah

Mendeteksi

Mengaitkan

Memecahkan

Menguraikan

Mengcek

Mengkritik

Membuktikan

Mempertahankan

Memvalidasi

Mendukung

Memproyeksikan

Membangun

Merencanakan

Memproduksi

Mengkombinasikan

Merangcang

Merekonstruksi

Membuat

Menciptakan

Mengabstraksi

RANAH AFEKTIF

Menerima

(A1)

Merespon

(A2)

Menghargai

(A3)

Mengorganisasikan

(A4)

Karakterisasi Menurut Nilai (A5)

Mengikuti

Menganut

Mematuhi

Meminati

Mengompromikan

Menyenangi

Menyambut

Mendukung

Menyetujui

Menampilkan

Melaporkan

Memilih

Mengatakan

Memilah

Menolak

Mengasumsikan

Meyakini

Meyakinkan

Memperjelas

Memprakarsai

Mengimani

Menekankan

Menyumbang

Mengubah

Menata

Mengklasifikasikan

Mengombinasikan

Mempertahankan

Membangun

Membentuk pendapat

Memadukan

Mengelola

Menegosiasi

Merembuk

Membiasakan

Mengubah perilaku

Berakhlak mulia

Mempengaruhi

Mengkualifikasi

Melayani

Membuktikan

Memecahkan

RANAH PSIKOMOTOR

Meniru

(P1)

Manipulasi

(P2)

Melakukan dengan Prosedur

(P3)

Melakukan dengan baik dan tepat

(P4)

Naturalisasi

(P5)

Menyalin

Mengikuti

Mereplikasi

Mengulangi

Mematuhi

Kembali membuat

Membangun

Melakukan, Melaksanakan, Menerapkan

Menunjukkan

Melengkapi Menunjukkan, Menyempurnakan Mengkalibrasi Mengendalikan

Membangun

Mengatasi Menggabungkan Koordinat, Mengintegrasikan Beradaptasi Mengembangkan Merumuskan, Memodifikasi

Master

Mendesain

Menentukan

Mengelola

Menciptakan



Lampiran: Contoh Pemetaan Standar Isi PAI SMP

PEMETAAN STANDAR ISI (SK-KD)

Mata Pelajaran : PAI SMP

Kelas/Semester : IX / 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Tingkatan Ranah KD

Indikator Pencapaian

Tingkatan Ranah IPK

Materi Pokok

Ruang Lingkup

Alokasi Waktu

1

2

3

4

5

11. Menghindari perilaku tercela

11.1 Menjelaskan pengertian takabur

C2

1. Mengenali pengertian takabbur secara bahasa

2. Mengenali pengertian takabbur secara istilah

3. Menjelaskan pengertian takabbur secara bahasa

4. Menjelaskan pengertian takabbur secara istilah

5. Menerima pengertian takabbur

C.1

C.1

C.2

C.2

A.1

Pengertian Takabbur

2 x 40

Keterangan:

Ruang lingkup mata perlajaran PAI sebagai berikut:

1. Qur’an Hadis

2. Aqidah

3. Akhlak

4. Fiqh

5. Tarikh dan Kebudayaan Islam

it konsultanit supportjasa pembuatan aplikasi dan server jual beli motor motor bekasjual motor bekas sarang semut papuateh sarang semutrumput kebar ecotrubakteri dan enzimenvironmental consultant indonesia sewa mobil murah jakartarental mobil harianrent car free download moviedownload filmsubtitle indonesia jual beli mobil bekassitus jual beli mobilmobil bekas pakar seo indonesia narasumber seminarmaster seo berita bantenrakyat bantenpendekar banten okezonejual mobil bekastoko online gratis komunitas itstaff executive komunitas hacker serang kotaserangpemerintah serang terpupuskansejarah pahlawansejarah tangerang jasa seojasa seo berkualitasjasa backlink sewa mobil murah jakartarental mobil harianrent car jasa mobiejasa mobilejasa jablay tangseltangerang selatantangerang ku bangdjocerita dewasafoto abg bugil tampilan bagusabg labilbuka kerudung
serang kota terpupuskan jasa seo sewa mobil murah jakarta jasa mobie tangsel tampilan bagus belajar seo seo murah dota 2 indonesia ternak lele google bot Data Maya dealer motor bekas prabotan rumah kicau burung verza indonesia community digital telekomunikasi dihina telekomunikasi wajar aja pantai sawarna pantai anyer liburan ke pantai seo jakarta terpusatkan appacer orang sunda xone shop indonesia perabotan rumah resep makanan distributor tas rangsel pantai tanjung lesung jual tinta printer kota rambah emping banten jual rumah info loker kali gua